Rabu, 12 Agustus 2009

PESONA TAMAN WISATA IMAN SITINJO

NJUAH…………NJUAH……….,

Dengan bangga pemerintah pemerintah danMasyarakat Dairi mengundang Anda di Taman Wisata Iman.

Dairi adalah salah satu kabupaten di sumatera utara dengan luas wilayah 230.000 hektare dan jumlah penduduk 270.000 jiwa. Dairi terkenal sebagai penghasil kopi di dunia dengan nama generik kopi Sidikalang. Dairi juga memiliki kekayaan sumbar daya alam seperti tambang zeng dan timah hitam yang merupakan tambang terbesar di dunia dengan jumlah deposit 20 juta ton.
Selain subur dan memiliki potensi tambang, Dairi juga memiliki panorama alam yang sangat indah seperti pantai silalahi yang berada di kawasan Danau Toba bagian barat. Dan saatn ini pemerintah kabupaten Dairi memebangun fasilitas wisata iman di perbukitan Sitinjo 10 km sebelum kota Sidikalang.
Di lokasi Taman Wisata Iman dengan luas 130.000 m2, anda dapat menyaksikan sederetan patung nabi-nabi yang di ceritakan oleh Kitab Suci. Gedung pertama yang akan anda jumpai saat memasuki taman ini adalah sebuah Vihara budha yang besar dan
meggah sebuah patung Budha setinggi 5 meter terbuat dari batu asli berada di dalam Vihara tersebut.Selanjutnya, anda akan menjumpai patung yang menggambarkan Abraham (Nabi Ibrahim) menyerahkan kurban persembahan kepada ALLAH, dan diikuti oleh patung Nabi Musa saat menerima Sepuluh perintah ALLAH.Sepanjang 2 km anda akan menikmati pemandangan alam yang sangat indah sebagai latar belakang taman. Di sepanjang perjalanan itu anda akan berjumpa dengan gua Betlehem 14 tahap perjalanan salib (via dolorosa), gua bunda maria, bukit golgota,gereja,kuil hindu lapangan manasik haji dan sebuah masjid,yang di lengkapi dengan fasilitas penginapan.

Menurut pemerintah kabupaten Dairi tujuan pembangunan Taman Wisata Iman ini adalah agar pengunjung dapat menyaksikan, menikmati, menghargai alam ciptaan Tuhan sehingga menumbuhkan rasa cinta pada lingkungan hidup, termotifasi untuk lebih meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Mahakuasa, mempererat hubungan silahturahmi antara umat beragama serta untuk lokasi penyembuha iman bagi korban pengguna narkoba. Di Taman Wisata Iman, dibangun masjid lengkap dengan Ka’bah dan menara. Bagi pemeluk agama Islam lokasiini dapatdipergunakan untuk latihan mansik haji secara lengkap.
Sebuah Gereja di atas Bukit Sitinjo dengan latar belakang lembah-lembah. Rumah ibadah ini untuk berbagai kumpulan gereja-gereja Kristen (Oikumene). Terdapat berbagai berbagai patung yang menggambarkan peristiwa-peristiwa bersejarah yang diceritakan dalam Alkitab, seperi kisah Nabi Abraham, Nabi Musa, perjalanan salib(via dolorosa), Gua Bunda Mariadan lain-lain.

Bagi pemeluk agama Hindu dibangun Pura dan kuil dengan arsitektur yang bercirikan khas Hindu Bali dan India.
Vihara tempat beribadah pemeluk agama Budha dibangun besar dan megah

Anda dapat naik pesawat dari Jakarta maupun luar negeri langsung mendarat di bandar udara Polonia, Medan. Jarak Medan ke Taman WisataIman, dairi 152 km. Dengan naik mobil anda akan melintasi Berastagi, kabanjahe dan tiba di tamn wisata iman dalam waktu sekitar 3 jam.

FASILITAS:

Rumah Ibadah Lima Agama

Gua Bunda Maria

14 Perjalanan Salib

Penginapan

Sekuiriti/Keamanan

View yang indah ke bukit

Jogging Track

Auditorium/Aula(200 orang)

Wisata sungai/alam

Restoran/Catering

Mini Market

Asrama 17 kamar

Melayani wisata pernika

Area parkir yang luas

Wisata Hutan Pinus

Tarif Memasuki Taman Wisata Iman:

Dewasa Rp. 2.000,-/Orang

Anak-anak Rp. 1.000,-/Orang

Roda 2 Rp. 1.000,-/Orang

Rda 4 Rp. 3.000,-/Orang

Roda 6 Rp. 5.000,-/Orang

Asrama Rp. 150.000,-/Kamar/Hari
Aula Kecil (100 orang) Rp. 200.000,-/Kegiatan/Hari
Aula Sedang (150 orang) Rp. 250.000,-/Kegiatan/Hari
Aula Besar (300 orang) Rp. 300.000,-/Kegiatan/Hari
TWI ini juga tidak semata-mata berisi bangunan-bangunan kerohanian saja. Udara yang sejuk dan tenang serta posisi ketinggian yang sedemikian rupa membuat kita dapat menikmati pemandangan alam yang sangat indah di sekeliling lokasi wisata ini. Jalan mendaki dan menurun didalam lokasi wisata ini mengikuti topografi perbukitan membuat mata tidak bosan-bosannya menikmati keindahan alam yang masih segar dan alami, berdekatan dengan objek wisata TWI (sekitar 500 m dari gerbang TWI ) kita dapat menikmati pemandangan alam kabupaten dairi dari lokasi wisata letter ’S’. dinamakan demikian karna memang di lokasi wisata ini terdapat jalur lalulintas/jalan dengan membentuk huruf ‘S’ mendaki mulai dari lereng bukit (air terjun lae pondom) terus mendaki hingga menuju ketinggian lokasi dimana terdapat monumen/patung TB. Simatupang dan patung Liberty Manik. Kedua monumen ini didirikan dalam rangka menghormati jasa-jasa mereka bagi bangsa dan negara. Peresmian monumen ini dilakukan langsung oleh presiden Megawati kala itu di tahun 2003. Pemandangan alam dari lokasi ini tak kalah menarik dari TWI bahkan menurut saya view nya jauh lebih indah dan luas. Nah buat anda-anda yang kebetulan sedang berada di sumatera utara baik dalam rangka tugas ataupun liburan saya sarankan untuk mampir ke lokasi ini, dapat menikmati banyak objek – objek wisata lain semisal : sembahe, hutan wisata sibolangit, wisata buah di berastagi, taman hutan rakyat (tahura) kabanjahe, air terjun sipiso-piso, pemandangan danau toba, pemandian air hangat, dll. Dan sebagai bonus berikut ini foto air terjun sipiso-piso yang beberapa waktu lalu kami singgahi.