Proposal Pembentukan Organisasi Persatuan Pemuda-Pemudi Pakpak

( PEDEMPAK )

Proposal Diajukan Kepada :

Tokoh Adat Pakpak, Tokoh Organisasi Pakpak, Pemuka Agama, Tokoh Lembaga Swadaya Masyarakat Pakpak Segenap Masyarakat Pakpak yang Mendukung Program ini

Persatuan Pemuda Pemudi Pakpak ( PEDEMPAK )

Medan

2010

Sejarah  Terbentuknya Persatuan Pemuda Pemudi Pakpak

( PEDEMPAK )

Pendahuluan

Dokumen ini merupakan proposal yang diajukan kepada seluruh jaringan masyarakat pakpak  meliputi tokoh adat, pemuka agama, tokoh lembaga swadaya masyarakat pakpak, organisasi kemahasiswaan pakpak organisasi pemuda pakpak yang lain, media massa, serta tokoh-tokoh organisasi pakpak di seluruh Indonesia. kemudian proposal ini diajukan berdasarkan hasil pertemuan dengan para pemuda pemudi pakpak silima suak yang diadakan pada tanggal 12 maret 2010. Oleh karena itu proposal ini akan menjadi salah satu bahan penting untuk diskusi dalam pertemuan bulanan mendatang serta persiapan untuk MUBES ( musyawarah besar ) pembentukan serta pengukuhan kepengurusan PEDEMPAK (  persatuan pemuda-pemudi pakpak ).

Proposal ini menjelaskan latar belakang dibentuknya Organisasi Persatuan Pemuda-Pemudi Pakpak di Indonesia serta program dalam rangka pengukuhan kepengurusan  PEDEMPAK (Persatuan Pemuda-Pemudi Pakpak ). Fokus yang diambil,  Mengajak seluruh anggota dan pemuda-pemudi pakpak yang memiliki ketertarikan pada program yang akan diadakan serta dapat memberikan sumbangsih dan kontribusi dalam sebuah organisasi yang terintegrasi melalui PEDEMPAK ( Persatuan Pemuda-pemudi Pakpak ), yang bersifat holistic bukan persial dan sektoral.

1. LATAR BELAKANG PERMASALAHAN

Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa.

Bahwa sesungguhnya perjuangan bangsa Indonesia adalah mengisi kemerdekaan, maka menjadi kewajiban generasi muda terutama pemuda-pemudi Pakpak untuk berperan aktif dalam rangka mengisi kemerdekaan tersebut, yaitu terwujudnya masyarakat Pakpak yang adil, nduma dan makmur yang diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Bahwa dalam proses penumbuhan dan pengembangan bangsanya khususnya etnis suku Pakpak sebagai pembawa dan penerus nilai moral bangsa Indonesia, maka peran dari pemuda pemudi pakpak adalah berperan aktif dalam setiap sisi kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara.
Seiring dengan mengglobalnya isu-isu Hak Asasi Manusia (HAM), muncul tuntutan

untuk melakukan advokasi kelompok atau komunitas-komunitas etnik yang mengalami problem marginalisasi baik oleh kebijakan negara maupun oleh kelompok tertentu dalam masyarakat (mayoritas). Di Indonesia khususnya etnis pakpak, demokratisasi telah mendorong bertumbuhnya organisasi lokal di seluruh daerah yang membawa isu-isu HAM yang menggunakan metode advokasi sebagai aktivitas utamanya. Serta dapat menunjang perkembangan  kemajuan kebudayaan, pendidikan, perekonomian serta pengabdian kepada masyarakat Pakpak khususnya.

Dalam konteks respons pemuda pemudi Pakpak terhadap isu-isu di atas,maka untuk itu kemunculan organisasi ini merupakan fenomena yang perlu mendapatkan dukungan penuh dari elemen – elemen lainnya khususnya pemuda pemudi pakpak serta masyarkat dan pemerintah yang mempunyai pengaruh besar dalam perkembangan organisasi ini. Dari sini tampaklah adanya kebutuhan untuk lebih mengkonsolidasikan isu yang diadvokasi pada level yang lebih luas, baik dalam konteks ingatan publik tentang isu tersebut dan terutama dalam konteks pembuatan kebijakan publik yang dilakukan oleh pemerintah, serta penerapannya dilingkungan masyarakat Pakpak itu sendiri.

Menyadari bahwa tujuan ini hanya akan tercapai atas taufik dan hidayah dari Tuhan Yang Maha Esa disertai usaha kerja sama yang sungguh-sungguh, terencana, teratur dan penuh kebijaksanaan.

Maka dengan ini, kehadiran segenap pemuda-pemudi Pakpak  akan semakin dapat dirasakan  khususnya masyarakat Pakpak itu sendiri. Maka dengan itu pemuda-pemudi Pakpak menghimpun diri dalam kebersamaan dan kekeluargaan yang disingkat dengan PEDEMPAK     (Persatuan Pemuda-Pemudi Pakpak )

Sebagai bagian dari masyarakat, pemuda merupakan inovator, yang sangat potensial didalam berbagai macam aktivitas, dalam lingkup pribadi maupun dalam kelompok. Dengan dibentuknya fasilitas yang memungkinkan interaksi antar sesama pemuda, akan tumbuhlah sumberdaya serta kreativitas. Sumberdaya tersebut haruslah dapat dimanfaatkan, sehingga kegiatan yang positif dan produktif dapat diperoleh.Oleh karena itu potensi-potensi tersebut harus di explorasi secara maksimal.

Pernyataan ini tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi pada lingkungan pemuda pemudi pakpak yang berada di seluruh Indonesia. Selama ini pemuda kurang berminat ikut aktif dalam organisasi kepemudaan  yang telah dibentuk sebelumnya.

Keadaan ini mungkin disebabkan dari kurangnya kesadaran dari para Pemuda-Pemiudi Pakpak itu sendiri untuk ikut berperan aktif dalam rangka pengembangan dan pemberdayan potensi  yang ada pada pemuda itu sendiri

Oleh sebab itu dibentuklah organisasi pemuda ini, dengan harapan dapat membantu kegiatan-kegiatan serta pengenalan para anggota dan pemuda pemudi pakpak sehingga terjadi regenarasi berikutnya yang terhindar dari krisis identitas, moral dan kepercayaan diri untuk memajukan suku Pakpak itu sendiri.

2 . TUJUAN

Tujuan utama dari organisasi ini adalah untuk memepersatukan seluruh pemuada-pemudi pakpak sebagai wujud nyata kepedulian pemuda terhadap kesejahteraan bagi masyarakat pakpak khususnya

Secara umum, program aktivitas ini bertujuan:

  • Menjalin kerjasama antara pemuda-pemudi Pakpak untuk mewujudkan  perkembangan masyarakat Pakpak yang baik adil dan makmur
  • Mewujudkan transpormasi sosial pemuda-pemudi Pakpak menuju tatanan yang demokratis
  • Memantapkan keberadaan PEDEMPAK sebagai organisasi pemuda-pemudi Pakpak yang bersifat semi otonom dan independent
  • Meningkatkan semangat partisipasi pemuda-pemudi Pakpak dalam pembangunan serta pengawasannya khususnya menggali dan mengembangkan nilai-nilai moral budaya pakpak
  • Mewujudkan PEDEMPAK sebagai organisasi kepemudaan yang tanggap terhadap fungsinya serta mampu meningkatkan pemantapan perwujudan yang dilandasi oleh nilai-nilai budaya Pancasila khususnya nilai-nilai budaya Pakpak itu sendiri.
  • Menumbuhkan kesadaran akan peran, fungsi, dan posisi pemuda-pemudi Pakpak.
  • Memberikan pembekalan informasi terhadap semua elemen-elemen masyarakat khsusnya masyarakat Pakpak
  • Menggali serta mengembangkan potensi-potensi yang ada pada pemuda-pemudi pakpak khususnya dan masyarakat pakpak umumnya.

Output

  • Meningkatnya kemampuan analisa sosial para pemuda-pemudi pakpak di era globalisasi serta mampu memberikan kontribusi dalam pembangunan.
  • Pemuda-pemudi pakpak mampu bersaing dengan pemuda-pemudi dari suku lain di Indonesia.
  • Meningkatnya semangat dan partisipasi pemuda-pemudi pakpak dalam pembangunan serta implementasi otonomi daerah, khususnya menggali dan mengembangkan nilai-nilai budaya pakpak.
  • Memberikan pemahaman akan hakekat dan fungsi pemuda-pemudi dalam mempertahankan eksistensi etnis pakpak di tengah-tengah keragaman suku bangsa di Indonesia.
  • Terjalinnya hubungan kerja sama dengan berbagai lingkungan yang potensial seperti budayawan,pemuka agama, tokoh adat, tokoh-tokoh lembaga swadaya masyarakat, media massa dan sebagainya yang tidak bertentangan dengan AD/ART PEDEMPAK (pemuda pemudi pakpak).
  • Wujud nyata kepedulian para pemuda yang berada di perantauan kepada kampung halaman
  • Menjalin tali silaturahmi dan kerjasama antar anggota

3. VISI DAN MISI.

VISI PEDEMPAK

Visi PEDEMPAK  adalah terwujudnya  suatu tatanan sosial masyarakat Pakpak yang adil dan demokratis demi meningkatkan pemahaman terhadap nilai- nilai budaya Pakpak yang universal demi terciptanya Pakpak Yang maju dan sejahtera.

MISI DAN NILAI DASAR PEDEMPAK

ü      PEDEMPAK  adalah  jaringan pejuang Etnis suku Pakpak yang independent.

ü      PEDEMPAK  percaya  gerakan pemuda harus berkembang menjadi gerakan sosial yang mengutamakan solidariatas aksi aksi konfrontatif yang kreatif dan tanpa kekerasan, demi kemajuan suku Pakpak

ü      PEDEMPAK  menjunjung tinggi nilai- nilai budaya  demi memantapkan semangat kebersamaan dengan masyarakat dan  pemuda Pakpak dalam meningkatkan kepeloporan dan menumbuhkan etos kerja yang produktif bagi pembangunan bangsa khususnya suku Pakpak.

4. ORGANIZING COMMITTE

Komposisi susunan Kepanitiaan Organisasi  PEDEMPAK (Persatuan Pemuda-Pemudi Pakpak

Penasehat         : Bpk. R Maibang

Ketua               : Adi Syahputra Padang

Wakil               : Evan Blaise Bancin, SE.

Sekertaris         :

Koordinator     :  Ermida Bancin

Anggota           : Edy Berutu

Bendahara        :

Koordinator     : Dewinta Banurea

Anggota           : Jannah Limbong

Infokom           : Jitu  Solin

SIE Humas :

Koordinator Pakpak Bharat      : Sumantri Bancin, SE. Ak. MM

Koordinator Medan                  : Jhon Fredy Bancin

Anggota                                   :  –       Andrye Ashari Padang

–               Anto sagala

–               Bettan k Padang

–               Frengky Anakampun

–               Ramadhan Padang

5. PROGRAM PRIORITAS

Program prioritas utama Persatuan Pemuda-Pemudi Pakpak ( PEDEMPAK), adalah :

A . Merumuskan Pedoman-pedoman atau Prinsip dasar sebagai orientasi dalam       menentukan pengambilan keputusan dan kebijakan dalam proses pembangunan Budaya Pakpak itu sendiri.

B. Mengadakan iternalisasi, yaitu menganalisis proses pembangunan dibidang pendidikan dan kebudayaan.

C. Peningkatan pengawasan perkembangan serta pencapaian mutu budaya Pakpak demi mengangkat harkat dan martabat suku Pakpak  kearah yang lebih baik.

D. Meningkatkan hubungan dan komunikasi dengan kelompok-kelompok masyrakat Pakpak  demi menjaga dan melestarikan sejarah dan budaya Pakpak

Area program ditikberatkan pada aktivitas-aktivitas yang bersifat sosial, yang mendorong kemajuan masyarakat Pakpak di daerah maupun diluar daerah serta mempererat persatuan anggota.

Berikut ini program dari organisasi Persatuan Pemuda-Pemudi Pakpak ( PEDEMPAK ) yang bisa berubah sesuai kondisi :

5.1 Melakukan Pertemuan Rutin Bulanan

Didalam program ini anggota diharapkan  mampu memberikan usulan-usulannya mengenai pengembangan organisasi, perencanaan program, serta menyebarkan informasi mengenai program yang akan dilaksanakan.

5.2 Kegiatan Bakti Sosial

Organisasi akan :

  • Mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menyiapkan strategi serta langkah-langkah yang dapat dilaksanakan demi mendorong kemajuan etnis suku Pakpak siLima Suak.
  • Mendorong anggota untuk berperan aktif didalam program ini.
  • Mengelola Sumberdaya yang didapatkan serta menyalurkannya

5.2 Pembiayaan Program

Untuk menjalankan program-program ini, mutlak diperlukan rancangan pembiayaan. Dari mana sumber-sumber pembiayaan potensial diharapkan bisa diperoleh, dan untuk pos-pos pembiayaan apa saja dana tersebut dikeluarkan.

5.3 Pos-pos pembiayaan

Pos-pos pembiayaan yang perlu didefinisikan meliputi:

  • Biaya rutin bulanan
  • Biaya pelaksanaan program
  • Biaya incidental

5.5 Sumber-sumber dana potensial

Sumber-sumber dana yang potensial dan perlu dikaji meliputi:

  • Iuran bulanan anggota

Iuran bulanan anggota disepakati sebesar Rp 15.000 hingga bulan Juli (Untuk pelaksanaan program pengukuhan Kepengurusan Persatuan Pemuda-Pemudi Pakpak / PEDEMPAK )

  • Pemasukan dari donatur

5.6 Kontak Pertanyaan dan Komentar

Pertanyaan dan komentar dapat ditujukan kepada:

– Ermida Bancin                        081263338940

– Bettan K Padang                    088261676877

– Jitu  Solin                               085761113207

– Jhon Fredy Bancin                 0813 75084728

– E-mail                                    mpedempak@yahoo.com

– Facebook                              persatuan pemuda-pemudi pakpak (PEDEMPAK)

6. PENUTUP

Program ini membutuhkan dukungan yang nyata dari seluruh anggota  serta dari tokoh masyarakat Pakpak, pemuka agama, tokoh-tokoh Lembaga Swadaya Masyarakat Pakpak  dan tokoh Adat dan sebagainya untuk mendorong upaya tercapainya tujuan bersama. Selanjutnya diharapkan program yang lain dapat diupayakan dimasa-masa mendatang.

LAMPIRAN

NO NAMA ALAMAT DESKRIPSI TANDA TANGAN